Wednesday, March 14, 2007

Lost dan Heroes, merubah konsep series!

Sekitar dua tahun kemarin, gue sempat kaget dengan seri Lost. Pada mulanya, abang gue (yang freak film BANGET! tu!!) ngomog kalo lost itu bagus banget. mengalahkan 24 dan friends, yang sudah bertahun-tahun menjadi seri idola gue. Gue sih pertamanya gak percaya. Setelah gue nonton season pertamanya, gue langsung kaget, dan ada sebuah kata-kata yang muncul dari benak gue; ini memang lain dari yang lain.

Konsep yang diterapkan oleh lost adalah misteri yang memang benar-benar aneh. seperti adanya sejenis binatang yang berbentuk asap hitam (ntah itu apa? gue gak ngerti), belum lagi dengan ruangan yang berada di dalam tanah itu, makanan yang jatuh dari pesawat, dan The Others. semua itu menarik untuk dilihat.

Sisi negatif dari lost adalah pada season 3 nya yang menurut gue sih sudah mulai mengarut (sudah berjalan terlalu jauh) bagi sebuah seri sepertinya. kita dapat memprediksi bahwa akhir-akhirnya lost adalah sebuah seri yang akan terus menseret penonton kepada keunikan yang tiada habisnya dan tidak memiliki point of the story. yang gue khawatir, lost bisa-bisa menjadi seri seperti prison break season 2 yang sudah terlalu murah inspirasinya.

HEROES...pertama kali gue menontonnya adalah pada saat gue pulang ke KL, gue nonton Star World, dan pas itu Hiro Nakamura lagi mengunakan kuasa luar biasanya untuk menyelamatkan anak kecil sd. pada awalnya, gue pikir seri ini hanya sebuah seri baru yang tidak lain memiliki konsep seperti x-men, smallville, mutant-x dan lain-lain yang memang membosankan. akan tetapi, pada saat gue nonton pada seri itu, gue kaget dengan keunikan screenplay-nya yang melakukan campur aduk serta rotasi dari sekian banyak karakter yang akhir-akhir memiliki hubungan dan misteri yang menarik hati untuk tetap ditonton sampai akhir.

Lebih-lebih lagi dengan kelucuan pada karakter Hiro Nakamura (BTW, he's my favorite character) yang penuh dengan himmah dan percaya akan kemampuan yang dia miliki.

Temen gue yang bernama HASIF dari FK unair, bilang bahwa pada awalnya dia gak suka HEROES, akan tetapi lambat laun baru kita bisa merasa asyik. menurut gue itu memang pas banget bagi seri yang berkualitas. dari pada sebuah seri yang pada awalnya bagus, dan akhirnya mengahampakan.

Ada sisi negatif dari heroes adalah pilihan karakter yang terlalu 'Americanist'. Kenapa si penulis memilih orang NIPPON? karena amerika kalau dihubungkan dengan asia, selalunya identik dengan Nippon. menurut gue ini adalah kekuarangan karena kelihatan seri barat masih belum bisa merubah tradisi ini. Negatif yang lain adalah pertanyaan 'bagaimana kok sosok sylar itu bisa mengetahui cara untuk mengambil kuasa orang lain (parasite)'? gue sudah mengulang 3 kali episode tentang cerita sylar, tapi gue jujur kalo gue belum menemukannya. kalo loe semua ketemu jangan lupa ajarin gue. Karena gue tahu kalo peter petrelli pun tahu kalo dia parasite secara tidak sengaja (pada saat dia menyelamatkan claire)"save the cheerleader, save the world".

Ini perubahan konsep yang berlaku di dalam heroes adalah jalan cerita yang memang unik dan tidak seperti biasanya. akan tetapi metode untuk menarik petonton masih sama seperti yang lainnya, yaitu membikin sebuah skenario yang menimbulkan tanda tanya sehingga penonton tetap ingin terus menonton agar tahu ending-nya.

Syabas! dan selamat bagi LOSt dan Heroes! semoga tetap menjadi menarik sepanjang masa!