Kesalahan besar yang dilakukan para Wahabbi
dalam masalah Bid'ah adalah mengharamkan melafazkan niat dalam ibadah misalnya
ibadah solat. Seperti ketika ada seorang yang melafazkan niat: "أصلي فرض الظهر" sebelum takbiratul ihram. Mereka berhujjah ini
tidak dilakukan Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi, seperti mana penulis sudah
mengkaji isu ini sejak duduk di bangku pesantren lagi, mereka salah faham dalam
banyak hujjah mereka terhadap khilaf ulama. Yang menariknya tidak ada satupun
ulama yang mengharamkan secara mutlak perbuatan melafazkan niat kecuali yang
sealiran dengan Imam Ibn Taimiyyah RH. Yang menyedihkan lagi, mereka
menggunakan ibarat-ibarat ulama Syafi'iyyah dan memerkosa ibarat itu agar
kelihatan seolah-olah melafazkan niat itu haram menurut mazhab Syafi'I yang
mutaqaddimin. Contoh saja pada debat terakhir Ustaz Idrus Ramli bersama duo
Kyai Zaenal Abidin dan Ust. Firanda. Kyai Zaenal Abidin tanpa malu-malu
memerkosa ibarat Imam al-Ghazali dalam al-Wajiz: "والنية
بالقلب لا باللسان". Untuk menjawab ini, penulis akan
menyodorkan dahulu ibarat-ibarat ulama 4 mazhab dalam hal melafazkan niat:
Hanafiyyah:
وقد
اخْتَلَفَ كَلامُ المشايخ في التلفظِ باللسان فَذَكَرَه في مُنْيَةِ المُصَلِّي أنه
مستحبّ وهو المختار وَصَحَّحَهُ في المجتبى وفي الهداية والكافي والتبيين أنه يَحْسُنُ
لاجتماعِ عَزِيمَتِهِ (البحر الرائق شرح كنز الدقائق ج 1 ص
483)
وقد
يُفْهَمُ من قول المصنف لاجتماع عزيمته أنه لا يَحْسُنُ لغير هذا القصد، وهذا لأن الإنسانَ
قد يَغْلِبُ عليه تَفَرُّقُ خَاطِرِهِ، فَإِذَا ذَكَرَهُ بِلِسَانِهِ كَانَ عَوْنًا
عَلَى جَمْعِهِ (فتح القدير ج 1 ص
267)
Kesimpulannya: Pada dasarnya adalah mustahab.
Sedangkan yang mengatakan ia adalah bid'ah yang makruhadalah bagi yang memiliki
kemantapan hati. Tapi bagi yang masih ada ragu-ragu sunnah untuk melafazkannya.
Malikiyyah:
قوله:
بِمَعْنًى خلاف الأولى، لكن يُسْتَثْنَى منه الْمُوَسْوِسُ فإنه يُسْتَحَبُّ له التلفظُ
بما يُفِيدُ النيةَ لِيَذْهَبَ عنه اللُّبْسُ (حاشية الدسوقي على الشرح الكبير ج 1
ص 234)
Kesimpulan: melafazkan niat adalah khilaf awla
(lebih ringan dari makruh jelas bukan haram!) tapi bagi yang berwaswas hukumnya
mustahab.
Hanbaliyyah:
واستحبَّه أي التلفظَ بالنية سرا مع القلب كثيرٌ من المتأخرين ليوافقَ
اللسانُ القلبَ قال في الإنصاف والوجه الثاني يستحب التلفظ بها سرا وهو المذهب –
إلى أن قال - ويكره الجهر بها أي بالنية وتكرارها (كشاف القناع ج 1 ص 87)
Akan tetapi Ibn Taimiyyah dari Mazhab Hanbali
yang mengatakan haram kerana bid'ah:
الجَهْرُ بِالنِّيَّةِ فِي
الصَّلاةِ مِنْ الْبِدَعِ السَّيِّئَةِ لَيْسَ مِنْ الْبِدَعِ الْحَسَنَةِ وَهَذَا
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ بَيْنَ الْمُسْلِمِينَ لَمْ يَقُلْ أَحَدٌ مِنْهُمْ إنَّ الجَهْرَ
بِالنِّيَّةِ مُسْتَحَبٌّ وَلا هُوَ بِدْعَةٌ حَسَنَةٌ فَمَنْ قَالَ ذَلِكَ فَقَدْ
خَالَفَ سُنَّةَ الرَّسُولِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِجْمَاعَ الأَئِمَّةِ
الأَرْبَعَةِ وَغَيْرِهِمْ.[1] وَقَائِلُ
هَذَا يُسْتَتَابُ فَإِنْ تَابَ وَإِلاَّ عُوقِبَ بِمَا يَسْتَحِقُّهُ. وَإِنَّمَا
تَنَازَعَ النَّاسُ فِي نَفْسِ التَّلَفُّظِ بِهَا سِرًّا. هَلْ يُسْتَحَبُّ أَمْ لا؟
عَلَى قَوْلَيْنِ وَالصَّوَابُ أَنَّهُ لا يُسْتَحَبُّ التَّلَفُّظُ بِهَا فَإِنَّ
النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابَهُ لَمْ يَكُونُوا يَتَلَفَّظُونَ
بِهَا لا سِرًّا وَلَا جَهْرًا – إلى أن قال – وَأَمَّا الجَهْرُ بِالنِّيَّةِ وَتَكْرِيرُهَا
فَبِدْعَةٌ سَيِّئَةٌ لَيْسَتْ مُسْتَحَبَّةً بِاتِّفَاقِ الْمُسْلِمِينَ لأَنَّهَا
لَمْ يَكُنْ يَفْعَلُهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلا خُلَفَاؤُهُ
الرَّاشِدُونَ (مجموع فتاوى ج 22 ص
233)
Kesimpulan: Mazhab Hanbali hukumnya adalah
mustahab akan tetapi dengan suara perlahan (سرا بالتلفظ). Kecuali Imam Ibn
Taimiyyah yang berbeza dan membid'ahkan dan mengharamkan. Akan tetapi yang
pelik beliau mengatakan siapa yang memustahabkan telah menyalahi ijmak dan
wajib disiksa kalau tidak bertaubat? Ijmak dari mana??
Syafi'iyyah:
والنية بالقلب إجماعا هنا وفي سائر
ما تُشْرَعُ فيه لأنها القصد وهو لا يكون إلا به فلا يكفي مع غفلته نُطْق ولا يضر
إذا خالف ما في القلب ويُنْدَبُ النطق بالمنوي قبيل التكبير ليُساعدَ اللسانُ
القلبَ وخروجا من خلاف مَنْ أوجبه وإن شذَّ وقياسا على ما يأتي في الحج المندفع به
التشنيعُ بأنه لم يُنْقَلْ (تحفة
المحتاج ج 2 ص 13)
Kesimpulan: Sunnah melafazkan niat kerana ia
menolong hati. Dan tempat wajib adalah hati.
Maka dari sini, dapat kita mengetahui tak de
satupun dari 4 mazhab mengatakan haram kecuali Ibn Taimiyyah dan yang
mengikutinya. Yang lebih heran, ketika ada orang berusaha mengharamkan sehingga
berani memerkosa ibarat ulama Syafi'I dan mengatakan wajib di hati, contohnya
Kyai Zaenal Abidin ketika berdebat dengan Ust. Idrus Ramli. Seperti kata-kata
Ust. Idrus Ramli, pernyataan Imam al-Ghazali " والنية بالقلب لا باللسان
" bukan berarti ia
mengharamkan secara mutlak tidak boleh mengucapkan. Yang lebih heran lagi Kyai
Zaenal berani-beraninya mengatakan Imam Ghazali justru tidak mengatakan sunnah.
Lalu berani pula menyumbatkan kata-kata kepada Imam Ghazali dengan memberi
fahaman ia mengharamkan. Nampak sekali Kyai Zaenal ketika mondok di Langitan
tidak mengaji dengan benar fiqh mazhab Syafi'i. Sunggguh memalukan KH Faqih RH
sebagai sesepuh Nahdhatul Ulama. Tidak usahlah berbaju munafiq seolah-olah NU
tapi hakikatnya mengambil pendekatan Salafi versi Wahabi Najdi dan taklid membabi-buta
Ibn Taimiyyah RH.
Bagi yang benar-benar belajar Fiqh Syafi'i wajib
mengetahui bahawa Kitab al-Wajiz karangan Imam al-Ghazali itu sebenarnya adalah
mukhtashar dari kitab al-Wasith beliau. Yang mana al-Wasith juga mukhtashar
dari kitab al-Basith oleh beliau juga? Jadi silsilah Fiqh Syafi'I dalam furuq
Imam Ghazali berasal dari al-Basith lalu al-Wasith lalu al-Wajiz yang nantinya
beliau keluarkan al-Khulashah sebagai kesimpulan.
Oleh itu lihatlah sendiri apa kata Imam
al-Ghazali tentang melafazkan niat dengan ibarat yang tidak diringkasnya dalam
al-wasith:
ثم هذه النية محلها القلب وليس فيها
نطق ونظم حروف لا بالقلب ولا باللسان نعم يستحب مساعدة اللسان القلب فيها (الوسيط
ج 2 ص 89)
Terjemahan: Lalu niat ini tempatnya adalah hati
bukan berada pada ucapan dan tersusunnya huruf, bukan dengan hati juga bukan
dengan lisan. Benar ia disunnahkan dengan bantuan lisan terhadap hati dalam hal
niat.
Lalu; menurut analisa penulis, alasan mengapa
ulama melafazkan niat adalah mustahab @ sunnah adalah kerana niat itu wajib ada
bagi setiap ibadah. Ini berdasarkan hadis "إنما الأعمال بالنية". Lalu mengapa hati
kerana niat itu adalah pekerjaan hati. Kalau lisan sahaja berbunyi tidak
disertai dengan hati, maka ia seperti orang yang mengigau. Akan tetapi, kalau
tidak niat maka ibadah tidak sah. Maka wajiblah ada niat dalam hati. Lalu
mengucapkannya tidak lain adalah untuk memudahkan hati. Maka apapun yang
membantu sesuatu yang wajib, maka ia adalah mustahab. Selain itu, ulama juga
memakai metode qiyas seperti yang Ust Idrus Ramli sebutkan. Bukan hanya hadis
Aisyah akan tetapi, Haji, Umarah, Puasa, Kurban seperti hadis-hadis berikut
ini:
1- Hadis Muslim 2168:
حديث أنس رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله
عليه وسلم يقول لبيك عمرة وحجا
2- Hadis Musnad Ahmad 25731:
حديث عائشة رضي الله عنها أنها قالت: دخل النبي صلى الله
عليه وسلم علي ذات يوم فقال هل عندكم شيء؟ قلنا لا قال فإني إذا صائم.
3-
Hadis Musnad Ahmad 11051:
حديث أبي سعيد الخدري أن رسول الله صلى الله عليه وسلم
ضحى بكبش أقرن وقال هذا عني وعمن لم يضح من أمتي
4- Hadis Musnad Ahmad dengan lafaz lain 14838:
اللهم إن هذا عني وعمن لم يضح من أمت
5- Hadis Sunan Abi Daud 2427:
حديث جابر بن عبد الله رضي الله عنه قال: شهدت مع النبي صلى الله عليه وسلم
الأضحى بالمصلى فلما قضى خطبته نزل عن منبره فأتى بكبش فذبحه رسول الله صلى الله عليه
وسلم بيده وقال بسم الله والله أكبر هذا عني وعمن لم يضح من أمتي.
6-
Hadis Musnad Abi Ya'la 1753:
إن رسول الله صلى الله عليه وسلم
أتي بكبشين أقرنين أملحين عظيمين موجوءين ، فأضجع أحدهما ، وقال : « بسم الله ، والله
أكبر ، اللهم عن محمد وآل محمد » ، ثم أضجع الآخر ، فقال : « بسم الله ، والله أكبر
عن محمد وأمته من شهد لك بالتوحيد وشهد لي بالبلاغ »
Bukti ulama Syafi'I mengqiyaskannya
adalah berdasarkan kata-kata Ibn Allan al-Shiddiqi al-Syafi'I:
نعم يسن النطق بها ليساعد اللسان القلب ولأنه صلى الله
عليه وسلم نطق بها في الحج فقسنا عليه سائر العبادات. (الفتوحات الربانية على الأذكار النووية ج 1 ص 54)
Bahkan, melafazkan niat
sebenarnya dilakukan oleh ulama salaf seperi Imam al-Syafi'I RH yang dikabarkan
oleh Ibn al-Muqri':
أخبرنا ابن خزيمة ، ثنا الربيع قال
: « كان الشافعي إذا أراد أن يدخل في الصلاة قال : بسم الله ، موجها لبيت الله مؤديا
لفرض الله عز وجل الله أكبر ». (معجم ابن المقرئ رقم 317)
Kesimpulannya, kalau
tidak setuju dengan melafazkan niat, maka tidak perlulah sampai mengatakan
bid'ah yang keji dan haram. Lalu berani-berani pula memerkosa ibarat-ibarat
ulama silam sehinggakan memeras ibarat tersebut seolah-olah membela pendapat
sendiri dan melawan pendapat lain. Penulis sebenarnya lebih setuju untuk
bertasamuh dengan masalah ini dan mengatakan ia adalah khilaf mazhab seperti
yang dilakukan Ust Firanda sendiri ketika akan mula menjawab hujjah Ust. Idrus
Ramli.
[1] نحن لا نوافق بهذا الإدعاء لأن ما ظهر لنا من العلماء بالكثرة قالوا بجوازه بل باستصحابه. كيف يدعي أن من قال بجوازه قد خالف بالإجماع؟
8 comments:
Mas sampeyan penulis ini gimana sich. YaNg membaca tulisan jenengan itu bukan cuma mereka yg ngerti bahasa arab. 80 persen mereka gak ngerti bhs arab tapi mau belajar memahami hujjah. Pesan jenengan itu tidal sampao kpd kami. Kami gak ngerti dalil yg anda tulis dalam bahasa arab itu. Maka itu sekalian cantumkan terjemahannya agar kami yg awam ini bisa paham artinya sehingga pesan anda dapat sampai ke pikiran kami.
Mas sampeyan penulis ini gimana sich. YaNg membaca tulisan jenengan itu bukan cuma mereka yg ngerti bahasa arab. 80 persen mereka gak ngerti bhs arab tapi mau belajar memahami hujjah. Pesan jenengan itu tidal sampao kpd kami. Kami gak ngerti dalil yg anda tulis dalam bahasa arab itu. Maka itu sekalian cantumkan terjemahannya agar kami yg awam ini bisa paham artinya sehingga pesan anda dapat sampai ke pikiran kami.
Makanya belajar bahasa Arab terlebih dahulu sebelum menceburi isu-isu perkhilafan dan polemik. Ulama terdahulu sangat tegas melarang santri yang menceburi isu-isu polemik sebelum memiliki asas yg kukuh agar mereka tidak membazir waktu dalam hal yg perdebatan sedangkan asas itu sendiri mereka tidak cukup.
ane coba pikirkan:
1. Maka dari sini, dapat kita mengetahui tak de satupun dari 4 mazhab mengatakan haram kecuali Ibn Taimiyyah dan yang mengikutinya.
2. Maka apapun yang membantu sesuatu yang wajib, maka ia adalah mustahab.
Karena qiyas di bolehkan, maka asal tidak ada yang mengharamkan & bisa membantu maka selain melafadzkan niat juga ibadah yang lain boleh asal memenuhi syarat diatas. Menambahi ibadah yang telah dicontohkan rasulullah adalah halal yang penting MANTAB dihati..
Kalo begitu: beribadah dgn cara apa saja hukumnya HALAL selama tidak ada yang mengharamkannya.. meskipun tidak di contohkan oleh rasululah & para sahabat.
Maka boleh menambah:
1. Lafadz apa saja (termasuk zikir yang lain),
2. dimana saja yang mengikuti ibadah yang dimaksudkan (setelah & Sebelum)
3. dengan jenis apa saja (ucapan, atau perbuatan, peralatan)
4. bilangan (membuat rumus-rumus, menetapkan bilangan)
5.
Beribadah dengan cara apa aja halal selama tidak ada yg mengharamkan < ini pernyataan ngawurr....kita sebagai umat islam kalo beribah ya harus sesuai apa yg di ajarkan islam,harus sesuai dengan apa yang di contohkan rosul gk boleh sesuka hati menambah nambah kan suatu ibadah tanpa ada contoh dri rosul dan sahabat nya,,,,,cukup alquran dan hadis sbgai pedoman,,gak usah berusaha menambah nambah kan ajaran islam ..
Mas-mas, adik-adik... Beribadah ada tuntutan dan syarat rukunnya itu pasti. Tapi bukan berarti semuanya harus ada dalil nas qurani maupun hadis. Yang tidak boleh sama sekali dirubah adalah yang ghayru ma'qul al-makna @ yang bersifat Ta'abbudi.
Lucu nonton video debat Ustad Idrus Ramli dengan salah satu Ustad Salafi wahabi di youtube Hheeeeee..
Baca Alquran aja Tajwidnya salah2 ha..ha..ha..
cari nafkah buat kluarga ibadah kan.. berarti cari nafkah dengan cara ngojek juga ibadah kan? eits, tapi ngojek ga ada zaman rosul, bid'ah kalo kalian ngojek. dalil nya mana kalo ibadah boleh dengan ngojek ??
kalo semua dalilnya mana, bingung kita.. apa2 ga boleh
Post a Comment